| flash game tutorial and flare3d games

Latest Blog



28.01.2017

E-Book Media Pembelajaran

E Book Gratis Membuat Media Pembelajaran Interaktif

15.12.2016

Membuat mouse trail

Membuat animasi ikan mengikuti kursor mouse

23.04.2016

Animasi Karakter Game RPG Flash

Membuat animasi karakter dalam game RPG Flash

23.04.2016

Aplikasi Peta Game RPG Flash

Mengaplikasikan Map Editor untuk peta game RPG Flash

23.04.2016

Membuat Peta Game RPG Flash

Membuat peta untuk game RPG Flash

23.04.2016

Mengerakkan Karakter Game RPG

Menambahkan karakter dalam game RPG Flash

23.04.2016

Membuat Game RPG

Membuat game RPG Flash actionscript 3 dengan teknik tiling

31.12.2015

Indonesia Soccer League

Sekilas tentang pengembangan game sepakbola dengan Flash

30.12.2015

Animasi tata surya

Tutorial membuat animasi tata surya dengan AS3 (Gerakan elips)

27.12.2015

Membuat Expand Menu

Tutorial membuat efek tombol menu expand dengan AS3


ALL BLOG

Latest Games


;
Free Games

Indonesia Soccer League

Play Indonesian Soccer League on Flash 3D Games

Ace Gangster 2

Back to the Game

Yaiiii........
Setelah sekian lama absen, tidak menulis blog dan tidak merilis game tiba-tiba pingin share sesuatu. Kali ini dalam bahasa Indonesia, karena udah lama gak blogging jadi lebih baik dimulai dengan blog Indo. Beberapa bulan terakhir ini disibukkan dengan berbagai macam kegiatan jadi agak repot menyisihkan waktu untuk membuat kode dan menshare nya. Untungnya ada liburan yg relatif panjang dan bisa dimanfaatkan untuk membuat sesuatu yang lumayan keren. Ide yang muncul adalah membuat game Ace Gangster dalam format 3D.



3D prerendered Version

Kenapa Ace Gangster? karena game ini lumayan menarik, kompleks dan pemainnya juga cukup banyak. Di Ace Gangster versi satu saya menggunakan teknik 3D prerendered, sehingga gambarnya lumayan menarik daripada game sejenis Gangster Life yang saya buat tahun 2007. Ace Gangster sebenarnya adalah game action mirip GTA dimana pemain bisa mendapatkan beberapa misi, upgrade level, membuat keonaran atau memilih jalan yang baik yaitu dengan menjadi pekerja non kriminal. Banyak sekali fitur yang ada menjadikan Ace Gangster menjadi salah satu game terkompleks yang pernah saya buat. Jika belum pernah main silahkan klik Ace Gangster

ace-gangster-screenshot

3D Version

Singkat cerita Ace Gangster saya kerjakan di laptop lama saya dengan banyak file .as yang secara sengaja saya encrypt sendiri kodenya agar tidak mudah di decompile. Kemudian saya lupa meletakkan file original yang belum ter encrypt sehingga saya sendiri kesulitan ketika ada laporan bug dari beberapa situs. Ketika beres-beres file akhirnya file kode Ace Gangster ketemu, dan tiba-tiba pingin mengubah Ace Gangster menjadi 3D. Dalam pikiran saya akan keren sekali jika tampilannya 3D, bakalan mirip sama GTA, cuma ini GTA KW 5 - karena dibuat sendiri dari kode sampai artworknya. Selain itu usut punya usut di Mochi (sebelum bangkrut), Ace Gangster sudah dimainkan lebih dari 8 juta kali, dan iklan preloadernya sudah menghasilkan lebih dari $4000. Lumayan lah. Dengan pertimbangan itu, versi 3D sepertinya menjanjikan juga. Plus!! akan dicoba untuk dirilis di beberapa platform, jika optimalisasi kodenya berjalan dengan baik di mobile phone

Permasalahannya menampilkan Ace Gangster dalam format 3D tidaklah semudah yang saya prediksi, ada banyak sekali optimalisasi yang harus dilakukan. Flash dengan Stage3D nya memang keren, tetapi untuk menampilkan sebuah kota lengkap dengan mobil dan orang-orang yang bergerak di dalamnya itu cukup rumit. Setelah mencoba membuat kota secara langsung di 3D Max, ternyata akan sangat berat jika dijalankan untuk game. Maka kembali ke metode klasik yaitu dengan teknik tiling. Dalam pemrograman 2D teknik tiling akan mempermudah pembuatan level dan memperingan penggunaan memory, jika teknik ini diadaptasi ke pemrograman 3D akan menghasilkan efek yang sama yaitu ringan dan editable. Langkah awal untuk teknik tiling adalah membuat sebuah Map Maker dengan format 3D. Setelah beberapa waktu coding dan modeling akhirnya jadilah Map Maker sederhana versi 3D.


map-maker-screenshot

Btw Map Maker tersebut akan menghasilkan Array yang menjadi dasar untuk membuat level / peta / kota. Dengan Map Maker tersebut jadilah sebuah kota mini (sekitar 25 hektar kalau di dunia nyata). Dengan berbagai percobaan menggabungkan Flash dan Flare3D akhirnya saya dapatkan metode untuk menghemat memory sekaligus menghemat ukuran file. Tahapan selanjutnya adalah menambah mobil, orang, polisi, dan Visual Effect. Setelah beberapa hari koding dan modeling jadilah prototype Ace Gangster 2. Project statusnya masih WIP, file video belum saya buat, dan hanya screenshot yang saya tampilkan di halaman ini.



Sebenarnya terdapat ambisi ketika membuat game ini, yaitu ingin menggabungkan semua (atau setidaknya 80%) dari game-game yang pernah saya buat ke dalam game ini. Katakanlah ada Sim Taxi, Road Burner, Gangster Life, Sim Rescue, City Driver, dan sebagainya akan digabung dimasukkan ke dalam satu game. OK, biarlah ambisi dan idealisme bersatu dalam project lepas seperti ini. Jadinya seperti apa itu urusan nanti, yang penting pamer dulu....!

Trailer dan Screenshots

Lihat screenshot di halaman berikutnya

Share ( Ayo Berbagi )

Leave me a comment

untuk pertanyaan lebih baik di email langsung ke wandah [at] wandah [dot] com agar cepat direspon