| Tutorial Flash - HTML5 - Javascript - DKV

Latest Blog



06.07.2022

MPI Component

Library untuk pengembangan multimedia interaktif dengan Flash/Animate

23.10.2020

Virtual Lab Flash

Library untuk pengembangan laboratorium virtual dengan Flash/Animate

06.10.2020

Game Among Us

Membuat gerakan karakter seperti pada game Among Us

05.10.2020

Multimedia Interaktif Tata Surya

Membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif tentang tata surya

04.10.2020

Animasi Rotasi Bumi 3D

Membuat animasi bumi berotasi dengan grafik 3 Dimensi

01.10.2020

Membuat Kuis Essay

Mengecek jawaban kuis essay pada aplikasi pembelajaran interaktif

12.09.2020

Membuat Game Ular Tangga

Membuat game ular tangga dengan Adobe Flash/Animate AS3

10.09.2020

Membuat Pengacak Dadu

Membuat acak dadu untuk game ular tangga/monopoly

13.07.2020

Membuat Game Onet

Membuat game mencari gambar yang sama (onet) dengan JS/HTML5

11.06.2020

Membuat Kuis CBT

Membuat kuis CBT, menyimpan nilai ke server dengan PHP dan XML


ALL BLOG

Latest Games


;
Free Games

Indonesia Soccer League

Play Indonesian Soccer League on Flash 3D Games

Memainkan suara MP3 dari luar aplikasi Flash

Konsep dasar

Pada tutorial sebelumnya tentang suara kita belajar tentang menambahkan suara secara langsung dengan mengimport suara ke dalam aplikasi. Sedangkan cara lainnya adalah dengan memainkan file suara yang berada di luar aplikasi. Pada tutorial ini juga akan dijelaskan cara membuat tombol pengatur suara seperti tombol play lagu, pause lagu dan stop lagu. Untuk membuatnya ikuti langkah berikut :


Menyiapkan Asset

  1. Siapkan file suara bertipe MP3 atau WAV kemudian copy ke folder tempat anda bekerja, sebagai contoh digunakan file bernama bgm.mp3.
  2. Pada file aplikasi Flash, Buatlah 5 buah tombol pengatur suara, berikan nama instance pada masing-masing tombol tersebut. (Lihat gambar)

  3. interactive multi media by wandah_w
  4. Tambahkan sebuah layer dan ubah namanya menjadi layer kode. Selanjutnya klik layer kode, dan tuliskan kode berikut
import flash.events.MouseEvent;
import flash.media.SoundTransform;

var lagu:Sound = new Sound();
lagu.load(new URLRequest("bgm.mp3"));
var musik:SoundChannel = new SoundChannel();
musik = lagu.play(0,1);
var pengatur_suara:SoundTransform = new SoundTransform();

t_play.addEventListener(MouseEvent.CLICK, atur_tombol_suara);
t_pause.addEventListener(MouseEvent.CLICK, atur_tombol_suara);
t_stop.addEventListener(MouseEvent.CLICK, atur_tombol_suara);
t_vol_min.addEventListener(MouseEvent.CLICK, atur_tombol_suara);
t_vol_plus.addEventListener(MouseEvent.CLICK, atur_tombol_suara);

var suara_aktif:Boolean = true;
var posisi:Number = 0;

function atur_tombol_suara(e:MouseEvent):void
{
	var nama_tombol:String = e.currentTarget.name;
	if (nama_tombol == "t_play")
	{
		if (! suara_aktif)
		{
			musik = lagu.play(posisi,1);
			suara_aktif = true;
			musik.soundTransform = pengatur_suara;
		}
	}
	if (nama_tombol == "t_pause")
	{
		posisi = musik.position;
		musik.stop();
		suara_aktif = false;
	}
	if (nama_tombol == "t_stop")
	{
		posisi = 0;
		musik.stop();
		suara_aktif = false;
	}
	if (nama_tombol == "t_vol_min")
	{
		pengatur_suara.volume = pengatur_suara.volume - 0.2;
		if (pengatur_suara.volume <= 0)
		{
			pengatur_suara.volume = 0;
		}
		musik.soundTransform = pengatur_suara;
	}
	if (nama_tombol == "t_vol_plus")
	{
		pengatur_suara.volume = pengatur_suara.volume + 0.2;
		if (pengatur_suara.volume >= 1)
		{
			pengatur_suara.volume = 1;
		}
		musik.soundTransform = pengatur_suara;
	}
}

Jalankan aplikasi dengan menekan tombol Ctrl+Enter, maka hasil dari tutorial ini adalah sebagai berikut:


Get Adobe Flash player

Penjelasan Kode



Penjelasan kode diatas adalah sebagai berikut :

    lagu.load(new URLRequest("bgm.mp3"));
    
  1. Untuk membuka file suara yang berada di luar aplikasi digunakan perintah URLRequest diikuti dengan nama file. Dengan cara ini Aplikasi flash akan menstreaming lagu, byte demi byte. Apabila file aplikasi dijalankan secara offline maka suara akan terdengar seketika, karena proses loading yang sangat cepat. Sedangkan apabila file aplikasi dijalankan secara online, maka dibutuhkan beberapa detik untuk membuka file suara.

  2. var musik:SoundChannel = new SoundChannel();
    musik = lagu.play(0,1);
    var pengatur_suara:SoundTransform = new SoundTransform();
    
  3. Setelah lagu dibuka, dibutuhkan sebuah "container" agar lagu tersebut dapat dimainkan. "Container" ini diistilahkan sebagai SoundChannel, selanjutnya juga dibutuhkan sebuah variabel pengatur_suara yang merupakan objek class SoundTransform yang mana berfungsi untuk mengatur properti sound seperti volume, paning dan sebagainya.

    Untuk mempermudah pemahaman kita, bayangkan bahwa variabel lagu adalah sebuah kaset tape, variabel musik adalah sebuah Tape Recorder dan variabel pengatur_suara adalah tombol-tombol pengatur suara yang ada di tape recorder.

  4. var suara_aktif:Boolean = true;
    var posisi:Number = 0;
    
  5. Untuk mengetahui apakah suara/lagu sedang dimainkan atau tidak dibuat sebuah variabel suara_aktif. Dengan variabel tersebut penumpukan suara akan dapat dihindari. Variabel posisi digunakan untuk menyimpan posisi lagu yang sedang dimainkan (detik terakhir yang sedang dimainkan). Variabel ini berfungsi untuk tombol pause, dimana kita harus menyimpan posisi detik tempat kita menekan tombol pause, sehingga ketika di play lagi, musik tidak mengulang dari awal tetapi dimainkan dari detik terakhir yang disimpan oleh variabel ini.

File Sumber


download



Share ( Ayo Berbagi )

Leave me a comment

untuk pertanyaan lebih baik di email langsung ke wandah [at] wandah [dot] com agar cepat direspon