| flash game tutorial and flare3d games

Latest Blog



07.04.2018

Membuat Game Tebak Gambar

Tutorial membuat game tebak gambar dengan Flash

03.07.2017

Memahami konstain

Memahami penggunaan konstrain dalam membuat sistem gerak

28.01.2017

E-Book Media Pembelajaran

E Book Gratis Membuat Media Pembelajaran Interaktif

15.12.2016

Membuat mouse trail

Membuat animasi ikan mengikuti kursor mouse

23.04.2016

Animasi Karakter Game RPG Flash

Membuat animasi karakter dalam game RPG Flash

23.04.2016

Aplikasi Peta Game RPG Flash

Mengaplikasikan Map Editor untuk peta game RPG Flash

23.04.2016

Membuat Peta Game RPG Flash

Membuat peta untuk game RPG Flash

23.04.2016

Mengerakkan Karakter Game RPG

Menambahkan karakter dalam game RPG Flash

23.04.2016

Membuat Game RPG

Membuat game RPG Flash actionscript 3 dengan teknik tiling

31.12.2015

Indonesia Soccer League

Sekilas tentang pengembangan game sepakbola dengan Flash


ALL BLOG

Latest Games


;
Free Games

Indonesia Soccer League

Play Indonesian Soccer League on Flash 3D Games

Membuat Game Puzzle dengan Flash Actionscript 3

Pendahuluan

Game puzzle sering kali kita jumpai, merangkai gambar dalam kepingan-kepingan acak merupakan kegiatan yang menyenangkan baik untuk anak-anak maupun untuk dewasa. Melalui tutorial ini akan dijelaskan langkah-langkah efektif dalam mengembangkan game bertipe puzzle. Hasil dari tutorial ini adalah sebagai berikut :


tutorial membuat game puzzle by wandah_w

Kode game puzzle yang akan dibuat, sangat fleksibel sehingga dapat diedit sesuai kebutuhan ukuran puzzle yang diinginkan (panjang x lebar puzzle) dan gambar yang digunakan dalam puzzle. Pengembangan selanjutnya dapat anda tambahkan beberapa fitur, dan kode yang ada dalam tutorial ini juga fleksibel untuk dipublish menjadi game HP (game mobile) berbasis Adobe AIR. Penjelasan yang ada dalam tutorial ini saya tulis secara bertahap untuk mempermudah siapapun yang ingin mempelajari proses pembuatan game puzzle

Membuat Kepingan Puzzle

Langkah yang paling utama, yang menjadi inti dari sebuah game puzzle adalah kepingan-kepingan puzzle. Beberapa game puzzle yang saya temui (game maupun tutorial) banyak yang menggunakan metode pengeditan gambar di luar aplikasi atau dalam artian kepingan-kepingan puzzle disiapkan terlebih dahulu dengan aplikasi lain, dan barulah diimport ke dalam game. Metode tersebut cukup praktis untuk jumlah gambar yang relatif sedikit dan jumlah kepingan yang statis. Akan tetapi jika kita menginginkan gambar dan jumlah kepingan yang bisa diatur secara dinamis, maka metode tersebut kurang tepat untuk dilakukan.

Dalam tutorial ini akan digunakan metode pengeditan gambar menjadi kepingan puzzle secara otomatis, sehingga anda dapat mengubah gambar maupun jumlah kepingan puzzle secara fleksibel. Tahapan pertama yang harus dilakukan adalah membuat movieclip kepingan puzzle, untuk membuatnya lakukanlah langkah-langkah berikut :

  1. Buatlah sebuah file baru dengan properties 800 x 600 pixel 30 fps.
  2. Selanjutnya buatlah sebuah kotak berukuran 100 x 100 pixel, kemudian convert menjadi symbol keping_mc dan pilih type Movieclip dan registrasi center (tengah) Pastikan anda memasuki mode Advanced dan menyeleksi opsi Export for Actionscript, sehingga movieclip tersebut memiliki linkage.
    Perhatikan gambar :
    tutorial membuat game puzzle by wandah_w
  3. Kemudian, dalam mode edit movieclip keping_mc, edit gambar kotak tersebut menjadi gambar kepingan pertama sebuah puzzle. Lihat gambar : (Note: Pengeditan dilakukan dengan menambah dan mengurangi tonjolan puzzle, sedangkan kotak dasar tidak perlu mengalami perubahan ukuran atau perubahan posisi)
    tutorial membuat game puzzle by wandah_w
  4. Setelah selesai dengan kepingan pertama, klik kanan frame 2 dan tambahkan KeyFrame, lalu edit kepingan tersebut menjadi bentuk kepingan ke 2 seperti pada gambar berikut:
    tutorial membuat game puzzle by wandah_w
  5. Dalam sebuah game puzzle terdapat 9 variasi bentuk kepingan, untuk itu ulangi langkah di atas mulai dari frame 3. sampai dengan frame 8. Perhatikan gambar :
    tutorial membuat game puzzle by wandah_w
  6. Keluar dari mode edit / kembali ke Scene utama (Ctrl+E), selanjutnya klik frame 1 layer 1




Menyusun kepingan puzzle dengan operasi berulang FOR

Tahapan selanjutnya adalah penambahan kode. Sebuah puzzle berbasis kotak memiliki ukuran panjang dan lebar (tinggi). Puzzle yang fleksibel adalah puzzle yang pengaturan tinggi dan lebarnya dapat dilakukan secara dinamis. Pada tutorial ini akan dibuat sebuah pengaturan kepingan puzzle secara dinamis menggunakan operasi berulang FOR, selanjutnya anda dapat merubah ukuran puzzle sesuai dengan kebutuhan. Pada frame 1 layer 1, dan ketikan kode berikut :

var game:MovieClip;
var lebar_puzzle:Number = 6;
var tinggi_puzzle:Number = 4;

function buat_puzzle(px:Number = 0, py:Number = 0):void{
	//movieclip game digunakan sebagai container untuk mempermudah pengaturan
	game = new MovieClip();
	game.x = px;
	game.y = py;
	addChild(game);
	//tambahkan puzzle dengan operasi for
	for (var i:Number = 0; i < tinggi_puzzle;i++){
		for (var j:Number = 0; j < lebar_puzzle; j++){
			var keping:keping_mc = new keping_mc;
			keping.x = j*100;
			keping.y = i*100;
			atur_keping(keping, i, j);
			game.addChild(keping);
		}
	}	
}

function atur_keping(ob:Object, i:Number, j:Number):void{
	//mengatur kepingan bagian atas
	if (i == 0 && j == 0) ob.gotoAndStop(1);
	if (i == 0 && j > 0 && j < lebar_puzzle-1) ob.gotoAndStop(2);
	if (i == 0 && j == lebar_puzzle-1 ) ob.gotoAndStop(3);
	//mengatur kepingan bagian tengah
	if (i > 0 && i < tinggi_puzzle - 1 && j == 0) ob.gotoAndStop(4);
	if (i > 0 && i < tinggi_puzzle - 1 && j > 0 && j < lebar_puzzle-1) ob.gotoAndStop(5);
	if (i > 0 && i < tinggi_puzzle - 1 && j == lebar_puzzle-1 ) ob.gotoAndStop(6);
	//mengatur kepingan bagian tengah
	if (i == tinggi_puzzle - 1 && j == 0) ob.gotoAndStop(7);
	if (i == tinggi_puzzle - 1 && j > 0 && j < lebar_puzzle-1) ob.gotoAndStop(8);
	if (i == tinggi_puzzle - 1 && j == lebar_puzzle-1 ) ob.gotoAndStop(9);
}

buat_puzzle(150, 150);

Jalankan aplikasi dengan menekan tombol Ctrl+Enter, maka hasil dari tutorial ini adalah sebagai berikut


Get Adobe Flash player

Penjelasan Kode

Fungsi utama dalam kode di atas adalah operasi pengulangan menggunakan kode FOR. Kode for akan mengulang perintah yang sama dalam sebuah blok beberapa kali sampai kondisi maksimal tercapai. Perhatikan baris 2-3 berikut :


var lebar_puzzle:Number = 6;
var tinggi_puzzle:Number = 4;

Pada awal kode lebar dan tinggi puzzle ditentukan. Anda dapat melakukan perubahan secara dinamis dengan nilai minimum masing-masing 2.

	//tambahkan puzzle dengan operasi for
	for (var i:Number = 0; i < tinggi_puzzle;i++){
		for (var j:Number = 0; j < lebar_puzzle; j++){
			var keping:keping_mc = new keping_mc;
			keping.x = j*100;
			keping.y = i*100;
			atur_keping(keping, i, j);
			game.addChild(keping);
		}
	}

Operasi FOR di atas disebut sebagai operasi FOR bertingkat, penambahan kepingan akan dilakukan secara horisontal terlebih dahulu (j), baru kemudian dilakukan penambahan secara vertikal(i). Pada baris 17 dipanggil fungsi atur_keping untuk mengubah posisi movieclip keping_mc sesuai dengan posisinya masing-masing.
tutorial membuat game puzzle by wandah_w


Fungsi atur_keping akan mengidentifikasi variabel i dan j dan mengatur movieclip keping_mc agar menyesuaikan posisi frame aktifnya.

Selanjutnya


Tahapan selanjutnya adalah menambahkan gambar ke dalam kepingan puzzle.


Share ( Ayo Berbagi )

Leave me a comment

untuk pertanyaan lebih baik di email langsung ke wandah [at] wandah [dot] com agar cepat direspon