| flash game tutorial and flare3d games

Latest Blog



28.01.2017

E-Book Media Pembelajaran

E Book Gratis Membuat Media Pembelajaran Interaktif

15.12.2016

Membuat mouse trail

Membuat animasi ikan mengikuti kursor mouse

23.04.2016

Animasi Karakter Game RPG Flash

Membuat animasi karakter dalam game RPG Flash

23.04.2016

Aplikasi Peta Game RPG Flash

Mengaplikasikan Map Editor untuk peta game RPG Flash

23.04.2016

Membuat Peta Game RPG Flash

Membuat peta untuk game RPG Flash

23.04.2016

Mengerakkan Karakter Game RPG

Menambahkan karakter dalam game RPG Flash

23.04.2016

Membuat Game RPG

Membuat game RPG Flash actionscript 3 dengan teknik tiling

31.12.2015

Indonesia Soccer League

Sekilas tentang pengembangan game sepakbola dengan Flash

30.12.2015

Animasi tata surya

Tutorial membuat animasi tata surya dengan AS3 (Gerakan elips)

27.12.2015

Membuat Expand Menu

Tutorial membuat efek tombol menu expand dengan AS3


ALL BLOG

Latest Games


;
Free Games

Indonesia Soccer League

Play Indonesian Soccer League on Flash 3D Games

Mengubah kursor mouse

Pendahuluan

Dalam sebuah multimedia interaktif, bentuk mouse yang unik menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan beberapa multimedia menggunakan teknik mouse trail atau objek mengikuti pergerakan mouse. Pada tutorial ini, akan ditunjukkan contoh mouse trail dimana beberapa ekor ikan akan bergerak mengikuti gerakan mouse. Untuk melakukannya perhatikan langkah berikut :


  1. Buatlah sebuah file baru AS3.
  2. Buatlah sebuah Movieclip yang akan dijadikan sebagai objek yang mengikuti mouse - dimana dalam contoh ini adalah seekor ikan, dengan cara memilih menu Insert > New Symbol. Pada menu New Symbolketikan nama animasi_ikan, pilih type Movieclip dan pada mode advanced, klik opsi Export for Actionscript. Lalu klik OK.

    tutorial flash membuat mouse trail by wandah_w

  3. Selanjutnya buatlah sebuah animasi ikan secara frame by frame. Anda dapat menggambar ikan secara manual menggunakan drawing tool, atau mengimport gambar eksternal. Perhatikan contoh berikut :

    tutorial flash membuat mouse trail by wandah_w

  4. Keluar dari mode edit dengan menekan Ctrl+E, Kemudian klik frame 1, kemudian buka panel Action (tekan F9) dan ketikkan kode berikut :
  5. function buat_ikan(ukuran:Number, ikut_mouse:Boolean, ikut:Object, ikut_x:int, ikut_y:int, kec:int):Object{
    	var ob:animasi_ikan = new animasi_ikan();
    	ob.ikut = ikut;
    	ob.f_x = ikut_x;
    	ob.f_y = ikut_y;
    	ob.kec = kec;
    	ob.ukuran = ukuran;
    	ob.scaleX = ukuran;
    	ob.scaleY = ukuran;
    	ob.ikut_mouse = ikut_mouse;
    	ob.gotoAndPlay(Math.round(Math.random()*30));
    	ob.addEventListener(Event.ENTER_FRAME, gerak_ikan);
    	addChild(ob);	
    	return ob;
    }
    
    function gerak_ikan(e:Event):void{
    	var ob:Object = e.currentTarget;
    	if (ob.ikut_mouse){
    		ob.x += (mouseX + ob.f_x - ob.x)/ob.kec;
    		ob.y += (mouseY + ob.f_y - ob.y)/ob.kec;
    		if (ob.x > mouseX) ob.scaleX = -ob.ukuran; else ob.scaleX = ob.ukuran;
    	}else{
    		ob.x += (ob.ikut.x + ob.f_x - ob.x)/ob.kec;
    		ob.y += (ob.ikut.y + ob.f_y - ob.y)/ob.kec;
    		if (ob.x > ob.ikut.x) ob.scaleX = -ob.ukuran; else ob.scaleX = ob.ukuran;
    	}
    }
    
    var ikan_1:Object = buat_ikan(1, true, null, 40, 20, 10);
    var ikan_2:Object = buat_ikan(0.5, false, ikan_1, 10, 20, 20);
    var ikan_3:Object = buat_ikan(0.8, false, ikan_2, 15, -40, 15);
    var ikan_4:Object = buat_ikan(1.2, false, ikan_3, 25, 50, 25);
    var ikan_5:Object = buat_ikan(0.7, false, ikan_2, -25, -50, 23);
    

  6. Jalankan aplikasi dengan menekan tombol Ctrl+Enter, dan akan dihasilkan output sebagai berikut :

Get Adobe Flash player

Penjelasan Kode

	function buat_ikan(ukuran:Number, ikut_mouse:Boolean, ikut:Object, ikut_x:int, ikut_y:int, kec:int):Object
		...

Fungsi tersebut digunakan untuk membuat Objek baru yang memiliki beberapa parameter/variabel sebagai berikut :

  • Variabel ukuran digunakan untuk mengatur besar kecilnya objek, sehingga akan ada variasi besaran ikan
  • Variabel ikut_mouse bernilai benar atau salah, digunakan agar objek nantinya mengikuti mouse
  • Variabel ikut digunakan untuk mengatur objek mana yang akan diikuti gerakkannya, sebagai contoh ikan_2 akan bergerak mengikuti gerakan ikan_1
  • Variabel ikut_x dan ikut_y digunakan untuk menggeser posisi objek agar tidak saling menumpuk dengan objek yang diikutinya
  • Variabel kec digunakan untuk mengatur kecepatan objek, yang dalam hal ini semakin tinggi nilainya, semakin lambat gerakannya.


function gerak_ikan(e:Event):void{
	...

Untuk menggerakkan ikan ditambahkan listener gerak_ikan, dimana posisi x dan y objek selalu ditambahkan dengan selisih antara kordinat objek dengan kordinat yang diikuti.

var ikan_1:Object = buat_ikan(1, true, null, 40, 20, 10);
var ikan_2:Object = buat_ikan(0.5, false, ikan_1, 10, 20, 20);

Untuk mengeksekusi fungsi buat_ikan, dibuat terlebih dahulu variabel bertipe Object, yang selanjutnya diatur variabel-variabel yang ada. Sebagai contoh ikan_1 diset mengikuti mouse, sedang ikan_2 diset mengikuti ikan_1.



Share ( Ayo Berbagi )

Leave me a comment

untuk pertanyaan lebih baik di email langsung ke wandah [at] wandah [dot] com agar cepat direspon