| flash game tutorial and flare3d games

Latest Blog



07.04.2018

Membuat Game Tebak Gambar

Tutorial membuat game tebak gambar dengan Flash

03.07.2017

Memahami konstain

Memahami penggunaan konstrain dalam membuat sistem gerak

28.01.2017

E-Book Media Pembelajaran

E Book Gratis Membuat Media Pembelajaran Interaktif

15.12.2016

Membuat mouse trail

Membuat animasi ikan mengikuti kursor mouse

23.04.2016

Animasi Karakter Game RPG Flash

Membuat animasi karakter dalam game RPG Flash

23.04.2016

Aplikasi Peta Game RPG Flash

Mengaplikasikan Map Editor untuk peta game RPG Flash

23.04.2016

Membuat Peta Game RPG Flash

Membuat peta untuk game RPG Flash

23.04.2016

Mengerakkan Karakter Game RPG

Menambahkan karakter dalam game RPG Flash

23.04.2016

Membuat Game RPG

Membuat game RPG Flash actionscript 3 dengan teknik tiling

31.12.2015

Indonesia Soccer League

Sekilas tentang pengembangan game sepakbola dengan Flash


ALL BLOG

Latest Games


;
Free Games

Indonesia Soccer League

Play Indonesian Soccer League on Flash 3D Games

Mengganti Kursor Mouse / Mouse Trail

Konsep dasar

Mouse trail, atau objek mengikuti mouse atau mengganti kursor mouse dengan gambar lain akan menarik untuk ditambahkan dalam sebuah aplikasi multimedia. Pada dasarnya untuk mengubah kursor mouse, kita hanya membutuhkan sebuah objek (bisa berupa moveclip dan mengubah kordinat layar objek tersebut mengikuti kordinat mouse.


Untuk mendeteksi posisi mouse dengan AS 3, kita dapat menggunakan kode mouseX dan mouseY. Setelah itu cukup ditambahkan sebuah listener yang dijalankan secara terus menerus - yang mengubah posisi objek agar sesuai dengan posisi mouse. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut:




Membuat movieclip pengganti kursor

Buatlah sebuah movieclip baru yang akan kita gunakan sebagai kursor mouse dengan nama tawon. Kemudian pada frame 1 buatlah/importlah sebuah gambar tawon. Selanjutnya klik kanan frame 3 pilih insert Blank Keyframe dan buat/import gambar tawon ke 2 (dengan posisi sayap yang berbeda dengan gambar yang ada di frame 1). Agar frame 3 memiliki durasi 2 frame seperti frame 1, maka klik kanan frame 4 kemudian pilih insert Frame.


interactive multi media by wandah_w

Menambahkan nama instansi

Kembali ke scene 1 . Pastikan movieclip tawon sudah berada di stage, apabila belum ada di stage buka panel Library lalu drag movieclip tawon ke stage. Kemudian klik movieclip tawon tersebut, buka panel properties dan ketikan tawon pada kolom instance name.

Menambahkan Kode

Buatlah sebuah layer baru, kemudian ubah namanya menjadi layer kode. Klik frame 1 layer kode, kemudian ketikan kode berikut :

import flash.events.Event;

//menambahkan listener yang dijalankan secara terus menerus
tawon.addEventListener(Event.ENTER_FRAME, ikut_mouse);
//menyembunyikan kursor mouse
Mouse.hide();

function ikut_mouse(e:Event):void{
	tawon.x = mouseX;
	tawon.y = mouseY;
}

Jalankan aplikasi dengan menekan tombol Ctrl+Enter, maka hasil dari tutorial ini adalah sebagai berikut:


Get Adobe Flash player

Mouse Trail dengan perlambatan (smooth)

Pada contoh di atas movieclip tawon bergerak mengikuti mouse secara langsung. Pada beberapa aplikasi sering kita temui gerakan kursor tidak sinkron secara langsung, akan tetapi gerakannya memiliki perlambatan (smooth mouse trail). Untuk membuatnya anda cukup mengganti kode diatas dengan kode berikut :

import flash.events.Event;

//menambahkan listener yang dijalankan secara terus menerus
tawon.addEventListener(Event.ENTER_FRAME, ikut_mouse);

var perlambatan:Number = 20;

function ikut_mouse(e:Event):void{
	tawon.x+= (mouseX-tawon.x)/perlambatan;
	tawon.y+= (mouseY-tawon.y)/perlambatan;
}

Jalankan aplikasi dengan menekan tombol Ctrl+Enter, maka hasil dari kode ini adalah sebagai berikut:


Get Adobe Flash player

File Sumber


download



Share ( Ayo Berbagi )

Leave me a comment

untuk pertanyaan lebih baik di email langsung ke wandah [at] wandah [dot] com agar cepat direspon