| flash game tutorial and flare3d games

Latest Blog



31.07.2019

Perpustakaan Baru UNNES

Mengintip perpustakaan baru UNNES

07.04.2018

Membuat Game Tebak Gambar

Tutorial membuat game tebak gambar dengan Flash

03.07.2017

Memahami konstain

Memahami penggunaan konstrain dalam membuat sistem gerak

28.01.2017

E-Book Media Pembelajaran

E Book Gratis Membuat Media Pembelajaran Interaktif

15.12.2016

Membuat mouse trail

Membuat animasi ikan mengikuti kursor mouse

23.04.2016

Animasi Karakter Game RPG Flash

Membuat animasi karakter dalam game RPG Flash

23.04.2016

Aplikasi Peta Game RPG Flash

Mengaplikasikan Map Editor untuk peta game RPG Flash

23.04.2016

Membuat Peta Game RPG Flash

Membuat peta untuk game RPG Flash

23.04.2016

Mengerakkan Karakter Game RPG

Menambahkan karakter dalam game RPG Flash

23.04.2016

Membuat Game RPG

Membuat game RPG Flash actionscript 3 dengan teknik tiling


ALL BLOG

Latest Games


;
Free Games

Indonesia Soccer League

Play Indonesian Soccer League on Flash 3D Games

Perpustakaan Baru UNNES

Assalamu'alaikum wr wb,

Lama sekali tidak menulis blog, dan entah kenapa tiba-tiba hari ini ingin kembali melemaskan jemari untuk mulai menulis lagi. Kali ini saya tidak akan menulis tentang game atau materi desain, tetapi materi ringan tentang perpustakaan baru yang dimiliki oleh UNNES. Hari ini, saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi perpustakan baru UNNES yang masih WIP (Work in Progress), kesempatan yang cukup langka karena gedung yang bakalan menjadi landmark baru UNNES ini masih belum boleh dimasuki oleh orang umum.

Sebelumnya, mari kita lihat foto epik perpustakaan baru yang diambil oleh teman saya pak Yudhawa dari @pretjepret foto.



Sejak beberapa tahun yang lalu, pemandangan di depan FBS teralihkan oleh sebuah bangunan baru yang bentuknya berbeda dari gedung-gedung yang pernah ada di UNNES. Setelah melalui beberapa tahap, akhirnya bentuk gedung perpustakaan baru UNNES pun terlihat. Megah dan Mewah, itulah kesan pertama yang muncul. Tapi setiap kali lewat (yang mana hampir setiap hari kerja pasti lewat), pingin tahu apakah di dalam gedung baru tersebut secanggih eksteriornya?? Pertanyaan inilah yang terjawab hari ini. Diberikan kesempatan berkunjung, langsung ambil beberapa foto, dan foto no 7 sangatlah menghebohkan (hehehehe)

Kita mulai dari depan. Tampak depan, eksterior cukup megah dengan elemen lengkung dan garis miring yang dominan memberikan kesan "baru" dimana gedung-gedung UNNES secara umum mengambil konsep klasik dengan atap joglo atau menggambil bentuk kubistis modern. Tentunya bentuk seperti ini memiliki keunggulan dan kelemahan. Unggul disisi keunikan bangunan, tapi lemah disisi pemanfaatan ruang dan perawatan (nantinya). Namun perlu diacungi jempol atas keberanian mengeksekusi tampilan gedung yang mewah. Saya sebenarnya menyayangkan adanya kolam ikan dan tebing taman klasik yang sedang dibangun di depan teks "RUMAH ILMU", kesannya terlalu kuno bersebrangan dengan citra gedung yang modern. Tapi saya akan sabar menunggu sampai jadi 100%, baru akan berkomentar lagi.

Tampak Depan (hari ini 31 Juli 2019)

Pertama masuk, kita langsung mendapatkan suasana perpustakaan yang modern, cantik, luas, terang, nyaman (jauh berbeda dari perpus lama). 4 pilar tinggi, mengingatkan lobby perpusnas Jakarta. Bayangan saya, lobby perpus UNNES akan ramai setiap harinya oleh aktifitas membaca, meminjam buku, mengembalikan buku atau sekadar nongkrong asik sambil menikmati WIFI gratis.

Lobi perpus (jam 15:30)

Nuansa modern terlihat dari pilihan interior, warna-warna yang terang, furniture modern minimalis dan penggunaan huruf yang sangat modern. Detail dari elemen interior juga cukup serasi, dan dengan adanya led panel di bawah meja, kemungkinan besar akan menjadi "ambient light" yang sangat bagus di suasana gelap (semoga perpus baru nantinya buka sampai malam). Dua lift yang melayani lantai 1-5 dengan eksterior marmer hitam, ala hotel. Sempat juga mencoba lift tersebut, dan tarikannya "lebih halus" jika dibandingkan dengan lift-lift yang ada di gedung baru yang usianya 2-3 tahun.

Tampilan interior yang cantik, minimalis, modern, dan tetap bernuansa tradisi

Ruang baca perpustakaan UNNES baru ini juga sangat ciamiik, benar-benar memanjakan para pembaca nantinya. Mulai dari fitur tempat duduk empuk, "tahu corner", tempat duduk dengan sekat (untuk PC/WIFIan), tempat duduk lesehan, tempat charging HP (bagi yang gadget mania), dan semuanya didukung dengan furniture yang serba baru. Semoga kedepannya perawatan menjadi prioritas utama, agar fasilitas ini bisa bertahan cukup lama. 13 20 45

Area ruang baca yang nyaman, modern, dan full WIFI

Ketika berkunjung ke kabupaten Banyuwangi tahun lalu, kabid bidang pariwisata menyampaikan bahwa menurut Bupati Banyuwangi, wajah dari sebuah bangunan itu adalah toiletnya, kalau merawat toilet saja ndak bisa, apalagi toilet kotor artinya yang punya bangunan itu ndak baik. Maka diajaklah kami melihat toilet di kantor pariwisata Bupati Banyuwangi, dan terkesimalah kami, toilet kantor pemerintahan sekeren toilet hotel bintang 5. Cerita ini membawa ke fitur berikutnya, yaitu toilet. Tak lengkap gedung modern jika toiletnya bau, kotor, dan yang parah biasanya tidak ada air. Toilet perpustakaan baru ini sangat rapi, dengan ubin putih berbentuk anyaman, wastafel dengan cermin, dan 3 bilik closet duduk di setiap ruang, membuat saya percaya nantinya jika managemen perawatannya benar, perpus baru ini bakalan sukses membawa budaya membaca ke mahasiswa UNNES.

Toiletnya bersih - semoga sampai 10 tahun ke depan tetap terawat

OK fitur-fitur terakhir (sudah 22:53 saat teks ini ditulis), perpus ini menyajikan fitur-fitur perpustakaan dengan standar baru yang sangat memuaskan : loker tempat menyimpan barang, rak-rak buku baru dengan penataan yang rapi, ruang diskusi yang cukup banyak, ruang rapat (bisa dipinjam di masa depan), ruang seminar, ruang pengelola, ruang terbuka, balkoni iconic dengan ruang kaca (mengingatkan pada MG Setos), semuanya menjadikan perpustakaan UNNES yang baru ini sangat menjanjikan.

Fitur perpustakaan baru UNNES yang modern

Jadi dari kunjungan ini saya yakin perpustakaan ini bakal ramai nantinya. Tapi tentusaja dengan beberapa syarat :

  1. Managemen pelayanan harus selalu berbenah, melayani dengan hati, ramah dan profesional
  2. Managemen perawatan harus detail, ubin yang sebagian doff (sangat sulit dibersihkan), panel besi laser cut dibagian depan dan samping untuk estetika dan membentuk bayangan (sulit dirawat karena butuh perawatan rutin), banyaknya cahaya yang masuk membuat suhu cepat naik (mahal perawatannya karena AC harus full on menjelang siang dan sore hari)
  3. Pembenahan setelah gedung dipakai terkait ketika musim panas dan musim hujan (air di bagian atasĀ  gedung lantai 6, perlu diperhatikan secara khusus)
  4. Sign system (sistem tanda) untuk mempermudah arus pengunjung (mengingat konsep "tangga lorong") yang memungkinkan pengunjung salah arah
  5. Database buku yang harus ditambah terus dan selalu update
  6. WIFI yang baik dan cepat, mengingat pengunjung adalah milenials yang butuh data dan kuota melebihi kebutuhan membaca.
  7. Lapangan parkir harus ditata ulang, karena parkiran KWU, parkiran FMIPA dan parkiran FBS bisa jadi sudah penuh di masa-masa mahasiswa aktif kuliah.
  8. Cafe dengan harga bersahabat, karena bakso di samping perpus pun tutup karena harganya tidak sesuai dengan mahasiswa UNNES
  9. Promosi yang baik untuk mahasiswa FT, FH, FIS dan FIK karena lokasinya yang jauh (bus dalam kampus rute perpus sepertinya harus ada lagi)
  10. Buka sampai malam (jam 21:00) seperti perpus di kampus-kampus besar

Mungkin itu dulu liputannya, semoga UNNES sukses dengan perpus barunya yang akan dibuka untuk pertama kalinya pada awal September depan!!


Share ( Ayo Berbagi )

Leave me a comment

untuk pertanyaan lebih baik di email langsung ke wandah [at] wandah [dot] com agar cepat direspon