| Tutorial Flash - HTML5 - Javascript - DKV

Latest Blog



23.10.2020

Virtual Lab Flash

Library untuk pengembangan laboratorium virtual dengan Flash/Animate

06.10.2020

Game Among Us

Membuat gerakan karakter seperti pada game Among Us

05.10.2020

Multimedia Interaktif Tata Surya

Membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif tentang tata surya

04.10.2020

Animasi Rotasi Bumi 3D

Membuat animasi bumi berotasi dengan grafik 3 Dimensi

01.10.2020

Membuat Kuis Essay

Mengecek jawaban kuis essay pada aplikasi pembelajaran interaktif

12.09.2020

Membuat Game Ular Tangga

Membuat game ular tangga dengan Adobe Flash/Animate AS3

10.09.2020

Membuat Pengacak Dadu

Membuat acak dadu untuk game ular tangga/monopoly

13.07.2020

Membuat Game Onet

Membuat game mencari gambar yang sama (onet) dengan JS/HTML5

11.06.2020

Membuat Kuis CBT

Membuat kuis CBT, menyimpan nilai ke server dengan PHP dan XML

11.05.2020

Game RPG dengan HTML Canvas (Javascript)

Pengembangan game RPG dengan teknik tiling menggunakan HTML canvas


ALL BLOG

Latest Games


;
Free Games

Indonesia Soccer League

Play Indonesian Soccer League on Flash 3D Games

Artikel Game dan Desain

Pendahuluan

Melalui halaman ini, saya ingin berbagi sedikit tulisan tentang studi desain dan game. Tulisan-tulisan berikut pada umumnya telah terbit dalam jurnal ilmiah. Tulisan-tulisan berikut juga dapat diakses di situs academia.edu dan jurnal Imajinasi Unnes. Adapun tulisan berikut masih jauh dari sempurna, namun demikian saya berharap tulisan-tulisan ini menjadi wacana khusus dalam perkembangan desain dan game di sekitar dunia yang saya geluti. Klik link download untuk mengakses masing-masing jurnal.


Peran Akademisi dalam Kontruksi City Branding

City branding merupakan sebuah slogan atau kampanye promosi, suatu gambaran dari pikiran, perasaan, asosiasi dan ekspektasi yang datang dari benak seseorang ketika seseorang tersebut melihat atau mendengar sebuah nama, logo, produk layanan, event, ataupun berbagai simbol dan rancangan yang menggambarkan sebuah kota atau wilayah. Dalam 10 tahun terakhir beberapa kota besar di Indonesia mulai menerapkan konsep city branding. Beberapa penerapan city branding tidak memenuhi tujuan branding yang sesungguhnya, pada akhirnya hanya mengacu pada aspek pemenuhan kebutuhan kota dan penyerapan anggaran daerah. Sinergi triple helix ABG (Academic, Business and Goverment) perlu diimplementasikan sebagai solusi atas permasalahan city branding. Peran akademis (academic) dalam kontruksi city branding diperlukan sebagai analisator kebijakan, pemberi kritik dan solusi atas kebijakan yang akan diambil pemerintah (goverment) sebelum mengaplikasikan city branding

Keyword : city branding, branding, triple helix, akademisi. Download : link [PDF]

Konsep Desain Game Edukasi "Prambanan - temple of words" dengan Pendekatan Cerita Rakyat (folkore)

Semakin terkikisnya cerita rakyat (folklore) di kalangan anak-anak dan remaja saat ini terjadi karena adanya pergeseran budaya. Masuknya era teknologi informasi menggeser pola pikir anak-anak dan remaja dari pola pikir konvensional ke pola pikir digital. Perubahan media belajar dari buku ke media digital seharusnya dapat dimanfaatkan untuk mempertahankan keberadaan cerita rakyat. Cerita candi Prambanan merupakan salah satu folklore yang perlu untuk dilestarikan dengan sebuah media baru berupa game.

Keyword : cerita, tradisional, game, folkore. Download : link [PDF]

Wacana Estetika Postmodern pada Karakter Wanita dalam Game Populer

Game merupakan salah satu bentuk hiburan yang menjadi fenomena global. Masing-masing genre game menawarkan ranah imajinasi yang sedemikian kaya. Sejumlah ide yang dikomunikasikan dalam game untuk membangun nilai estetik tampaknya dirancang agar memiliki daya jual, sekaligus hadir sebagai teks kultural. Karakter wanita dalam berbagai game berjenis fighting merupakan sebuah fenomena umum yang muncul seiring dengan pesatnya perkembangan genre di dalam game, sehingga penciptaan karakter wanita dalam game tersebut menjadi obyek kajian yang menarik.

Keyword : wanita, posmodern, game, estetik. Download : link [PDF]

Pengenalan Kembali Permainan Tradisional "Bentengan" melalui Media Game Digital

Permainan tradisional merupakan jenis permainan yang mengandung nilai-nilai budaya pada hakikatnya merupakan warisan leluhur yang harus dilestarikan keberadaannya. Permainan "bentengan" merupakan permainan tradisional yang dimainkan secara berkelompok, untuk melatih fisik dan kerjasama antar pemain. Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan proses transformasi permainan "bentengan" ke dalam alur pemograman aplikasi game, sehingga diharapkan dapat memperkenalkan kembali permainan "bentengan" melalui format digital.

Keyword : permainan, tradisional, game, bentengan. Download : link [PDF]

Game Edukasi Bahasa Inggris dengan Input Suara sebagai Media Pembelajaran bagi Siswa SMP/MTs

Educational games as a form of learning medium have a content that may indirectly take the players into a communication process. When involved in a communication process, the person is involved in a discourse. The discourse meant an event that is influenced by the topic of communication, interpersonal relationships, the parties who involved in communication and communication channels used in a socio-cultural context. The design of educational games "New School" using discourse competence approach that displayed representations of social conditions in the real world and then adapted in virtual form. By using sound input as main controllers, players are expected to improve their communication skills that include listening, speaking, and reading in the socio-cultural context as shown in the game.

Keyword : edukasi, bahasa inggris, discourse, game. Download : link [PDF]

Potensi Pasar dan Strategi Promosi Game Mobile Indonesia

Pertumbuhan pasar dalam dunia berkembang sangat pesat dalam 5 tahun terakhir. Hal ini dikarenakan adanya pergeseran trend bermain game dari game PC, Game Browser, Game Console menuju ke game yang bisa dimainkan setiap saat, kapanpun dengan mudah dan murah, yaitu game Mobile melalui media smartphone. Besarnya pasar, menjadikan pengembang game lebih memilih pasar tersebut, sehingga unsur kompetisi menjadi semakin besar.

Keyword : pasar, mobile, game, indonesia. Download : link [PDF]

Pengembangan Aset Visual Game dengan Pendekatan Symbolic Analogy

Dalam sebuah proses pengembangan game, terdapat tahapan pengembangan aset visual (Game Assets Development Phase) yaitu pengembangan aset visual yang meliputi grafis, efek visual, tipografi dan tampilan antarmuka (interface). Proses tersebut menjadi bagian penting dari design treatment sebuah game, karena merupakan salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan sebuah game.

Keyword : game, asset, visual, symbolic analogy. Download : link [PDF]

Pengembangan Game dengan Flash Develop

Game Flash mengalami perkembangan yang sangat signifikan sejak satu dekade terakhir. Ribuan game flash dapat ditemukan dengan mudah dan bertambah terus setiap harinya. Sebagian besar pengguna komputer pernah memainkan game Flash, baik itu memainkannya lewat situs game online, memainkan game faceboook, game desktop sampai dengan game mobile. Pengembangan game Flash dapat dilakukan dengan aplikasi open source Flash Develop.

Keyword : game, flash, flash develop, tutorial. Download : link [PDF]


Share ( Ayo Berbagi )

Leave me a comment

untuk pertanyaan lebih baik di email langsung ke wandah [at] wandah [dot] com agar cepat direspon