| Tutorial Flash - HTML5 - Javascript - DKV

Latest Blog



12.09.2020

Membuat Game Ular Tangga

Membuat game ular tangga dengan Adobe Flash/Animate AS3

10.09.2020

Membuat Pengacak Dadu

Membuat acak dadu untuk game ular tangga/monopoly

13.07.2020

Membuat Game Onet

Membuat game mencari gambar yang sama (onet) dengan JS/HTML5

11.06.2020

Membuat Kuis CBT

Membuat kuis CBT, menyimpan nilai ke server dengan PHP dan XML

11.05.2020

Game RPG dengan HTML Canvas (Javascript)

Pengembangan game RPG dengan teknik tiling menggunakan HTML canvas

19.05.2020

Membuat Fitur Swipe Mobile

Membuat fitur swap / drag konten untuk mobile

12.05.2020

Membuat Grafik Fungsi Kuadrat dengan Flash

Membuat kurva fungsi kuadrat dengan kode actionscript 3 Flash

11.05.2020

Membuat Kordinat Kartesius dengan Flash

Membuat sistem kordinat kartesius dengan code AS3 full

16.03.2020

Game Edukasi RPG

Buku pengembangan game RPG bermuatan edukasi

31.07.2019

Perpustakaan Baru UNNES

Mengintip perpustakaan baru UNNES


ALL BLOG

Latest Games


;
Free Games

Indonesia Soccer League

Play Indonesian Soccer League on Flash 3D Games


Membuat Game mencari gambar yang sama bagian 2

Pada bagian ini, kita akan menambahkan fitur mencocokan gambar. Gambar dipilih dengan klik mouse dan efek flip (efek membalik kartu) akan ditambahkan.

Hasil yang diharapkan dari tutorial ini adalah sebagai berikut (gambar di bawah ini sudah interaktif dan dapat dioperasikan, klik untuk memilih gambar dan tekan refresh untuk memulai ulang):



A. Menambahkan code pada file game.js

  1. Pada tahap ini, kita hanya perlu mengedit file game.js. Bukalah file tersebut dengan Notepad++, Kemudian sisipkan kode 82 dan seterusnya untuk mengedit fungsi gameLoop dan menambahkan fungsi flip, sehingga keseluruhan kode menjadi :

  2. setgame("800x600");
    
    //file gambar yang dipakai dalam game
    var gambar = {
    	deck:"card-deck.png",
    	cards:"cards.png"
    }
    //file suara yang dipakai dalam game
    var suara = {
    	
    }
    
    //load gambar dan suara lalu jalankan aturGame
    loading(gambar, suara, aturGame);
    
    function aturGame(){		
    	//atur jumlah gambar maksimal yang bisa muncul
    	game.kartuMax = 10;
    	//atur jumlah kartu di layar (misal 20 kartu)
    	game.kartuX = 5;
    	game.kartuY = 4;
    	//seting kartu
    	game.kartuBenar = 0;
    	game.jumlahKartu = game.kartuX*game.kartuY;
    	game.kartuDB = [];
    	var jenisKartu = 0;
    	for (var i = 1; i<=game.jumlahKartu/2; i++){
    		jenisKartu++;
    		if (jenisKartu>game.kartuMax) jenisKartu = 1;
    		//buat objek baru untuk menyimpan data kartu
    		var card = {};
    		//pengaturan ukuran gambar kartu
    		card.lebar = 128;
    		card.tinggi = 128;
    		card.jenisKartu = jenisKartu;
    		//status kartu 0 = tertutup 1=terbuka 2=flip buka 3=flip tutup
    		card.stat = 0;
    		game.kartuDB.push(card);
    		//buat kartu kedua dengan data yang sama, karena pasti ada 2 kartu yang sama
    		var card2 = {};
    		card2.lebar = 128;
    		card2.tinggi = 128;
    		card2.jenisKartu = jenisKartu;
    		card2.stat = 0;
    		game.kartuDB.push(card2);
    	}
    
    	//acak kartu
    	game.kartuDB = acakArray(game.kartuDB);
    
    	//tambahkan data gambar kartu tertutup
    	dek = {img:dataGambar.deck, lebar:128, tinggi:128}
    	game.kartuTerbuka = 0;
    	//setelah kartu diacak, ditampilkan lewat gameLoop
    	jalankan(gameLoop);
    }
    
    function judul(){	
    	//menampilkan judul game
    }
    
    function gameLoop(){
    	hapusLayar();
    	//tampilkan kartu via for 2 tingkat
    	for (var i=0;i<game.kartuX;i++){
    		for (var j=0;j<game.kartuY;j++){
    			//pengaturan gambar kartu
    			var id = i*game.kartuY+j;
    			var card = game.kartuDB[id];
    			if (card.stat == 0) {
    				card.img = dataGambar.deck;
    				card.frame = 1;
    			}else if (card.stat == 1){
    				card.img = dataGambar.cards;
    				card.frame = card.jenisKartu;
    			}		
    			card.id = id;
    			//berikan jarak  pixel antar kartu
    			card.x = 140+i*(card.lebar+5);
    			card.y = 100+j*(card.tinggi+5);					
    			if (card.stat<2) sprite(card);	
    			if (card.stat == 2) flip(card);
    			if (card.stat == 3) flipBalik(card);
    			//deteksi jika di klik
    			if (game.mouseDitekan 	&& game.kartuTerbuka<2){
    				if (cekHit(game.mouse, card) && card.stat == 0 ){
    					card.stat = 2;
    					game.kartuTerbuka++;
    					if (game.kartuTerbuka == 1) game.kartu1 = card;
    					if (game.kartuTerbuka == 2) game.kartu2 = card;
    					card.buka = 1;
    					card.skalaX = 1;
    					//waktu untuk menunggu jika kartu tidak cocok
    					game.timer = 200;
    				}
    			}
    			cekKartu();
    		}
    	}	
    }
    
    function flip(card){
    	card.buka++;
    	//efek balik kartu
    	if (card.buka<10){
    		card.img = dataGambar.deck;	
    		card.skalaX-=0.1;
    		if (card.skalaX <=0) card.buka = 10;
    	}else if (card.buka>=10 && card.buka < 20){
    		card.img = dataGambar.cards;
    		card.frame = card.jenisKartu;
    		card.skalaX+=0.1;
    		if (card.skalaX > 1) card.buka = 20;
    	}else if (card.buka >= 20){
    		card.skalaX = 1;
    		card.img = dataGambar.cards;
    		card.frame = card.jenisKartu;
    		//kartu terbuka 		
    		card.stat = -1;					
    	}
    	sprite(card);
    }
    
    function flipBalik(card){
    	card.buka++;
    	//efek balik kartu
    	if (card.buka<10){
    		card.img = dataGambar.cards;
    		card.frame = card.jenisKartu;		
    		card.skalaX-=0.1;
    		if (card.skalaX <=0) card.buka = 10;
    	}else if (card.buka>=10 && card.buka < 20){
    		card.img = dataGambar.deck;
    		card.frame = 1;
    		card.skalaX+=0.1;
    		if (card.skalaX > 1) card.buka = 20;
    	}else if (card.buka >= 20){
    		card.skalaX = 1;
    		card.img = dataGambar.deck;
    		card.frame = card.jenisKartu;
    		//kartu tertutup
    		card.stat = 0;
    		game.kartuTerbuka=0;
    	}
    	sprite(card);
    }
    
    function cekKartu(){
    	//pastikan semua kartu sudah terbuka sempurna
    	if (game.kartuTerbuka == 2 && game.kartu1.stat == -1 && game.kartu2.stat == -1){		
    		if (game.kartu1.jenisKartu == game.kartu2.jenisKartu){
    			//pilihan kartu benar
    			game.kartuBenar+=2;
    			game.kartuTerbuka = 0;
    			//menang
    			if (game.kartuBenar>=game.jumlahKartu){
    				//permainan selesai dan menang
    				console.log("menang");
    			}				
    		}else{
    			//tunggu sesaat untuk menutup kembali
    			game.timer--;			
    			if (game.timer == 0){
    				game.kartu1.stat = 3;
    				game.kartu2.stat = 3;
    				game.kartu1.buka = 1;
    				game.kartu2.buka = 1;					
    			}
    		}
    	}
    }
    

  3. Simpan dengan nama game.js
  4. Jalankan file game.html dengan cara membukanya di browser untuk memainkan game. Jika proses benar, maka akan menghasilkan game yang sudah dapat dioperasikan seperti pada gambar di atas

File sumber : File JS dan HTML

Share ( Ayo Berbagi )

Leave me a comment

untuk pertanyaan lebih baik di email langsung ke wandah [at] wandah [dot] com agar cepat direspon