| Tutorial Flash - HTML5 - Javascript - DKV

Latest Blog



06.07.2022

MPI Component

Library untuk pengembangan multimedia interaktif dengan Flash/Animate

23.10.2020

Virtual Lab Flash

Library untuk pengembangan laboratorium virtual dengan Flash/Animate

06.10.2020

Game Among Us

Membuat gerakan karakter seperti pada game Among Us

05.10.2020

Multimedia Interaktif Tata Surya

Membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif tentang tata surya

04.10.2020

Animasi Rotasi Bumi 3D

Membuat animasi bumi berotasi dengan grafik 3 Dimensi

01.10.2020

Membuat Kuis Essay

Mengecek jawaban kuis essay pada aplikasi pembelajaran interaktif

12.09.2020

Membuat Game Ular Tangga

Membuat game ular tangga dengan Adobe Flash/Animate AS3

10.09.2020

Membuat Pengacak Dadu

Membuat acak dadu untuk game ular tangga/monopoly

13.07.2020

Membuat Game Onet

Membuat game mencari gambar yang sama (onet) dengan JS/HTML5

11.06.2020

Membuat Kuis CBT

Membuat kuis CBT, menyimpan nilai ke server dengan PHP dan XML


ALL BLOG

Latest Games


;
Free Games

Indonesia Soccer League

Play Indonesian Soccer League on Flash 3D Games


tutorial membuat laboratorium-virtual by wandah_w

Kurva Persamaan Kuadrat

Pendahuluan

Membuat kurva persamaan kuadrat pada sebuah diagram kartesian pada dasarnya relatif sederhana apabila menggunakan library simulasiDasar. Kita hanya membutuhkan sebuah variabel untuk koordinat kartesian, dan 3 buah variabel untuk mengatur nilai x dan y pada persamaan kuadrat. Rumus persamaan kuadrat :

y = ax2 + bx + c

Dapat kita gambarkan ke dalam koordinat kartesian dengan operasi berulang FOR. Sebagai contoh pada diagram kartesian di atas, dibuat kurva persamaan kuadrat, dan sebuah tombol untuk mengacak nilai a,b dan c. Untuk membuat nya perhatikan langkah-langkah berikut :

  1. Bukalah aplikasi Notepad++. Kemudian, ketikan kode berikut :

  2. <!DOCTYPE html>
    <html>
    <head>
    	<title>Membuat kurva persamaan kuadrat</title>
    	<script type="text/javascript" src="http://www.wandah.org/js/simulasiDasar.js"></script>
    </head>
    <body>
    	<center>
    	<canvas id="scene" width="800" height="600">
        </canvas>
    	</center>
    </body>
    <script>
    	aturCanvas();
    	canvas.onmouseup = mouseUp;
    	var graf = {startX:50, startY:100, dataW:16, dataH:16, tileW:20, skalaX:1, skalaY:1, desimalX:0, desimalY:0, offsetX:8, offsetY:8, xLabel:'x (cm)', yLabel:'y (cm)', fontLabel:'8pt Calibri', warnaBG:'#daf6fb', warnaGaris:'#000', warnaLabel:'#000'}
     
    	var a = 2;	
    	var b = 3;		
    	var c = 4;
    	var op_a = "";
    	var op_b = " + ";
    	var op_c = " + ";
    	var label = "Persamaan Kuadrat: <br> y = "+a+"x<sup>2</sup>"+op_b+b+"x"+op_c+c;
    			
    	function setSimulasi(){
    		//menambahkan background warna
    		hapusLayar("#e8e8e8");	
    		//menambahkan judul
    		teks("Persamaan Kuadrat", 320, 30);		
    		//membuat kordinat kartesius
    		grafik(graf);
    		//titik pusat koordinat kartesian
    		var x0 = graf.startX + graf.offsetX*graf.tileW;
    		var y0 = graf.startY + graf.offsetY*graf.tileW;
    		//membuat teks 
    		teksHTML(label, 400, 300, 200, "14pt-Cambria-left-1.6", "#000");
    		tombol("Acak", 400, 380, 80, 30, "bold 12pt Calibri", "white", "#12b098", "#12b098", "r");
    		//membuat kurva
    		var y1 = a*8*8+b*8+c;
    		konten.beginPath();
    		konten.lineWidth = 2;
    		konten.strokeStyle = "red";
    		konten.moveTo(x0+8*graf.tileW, y0-y1*graf.tileW);
    		for ( var i = -80; i<80;i++){
    			var d = i/10;
    			y1 = a*d*d+b*d+c;
    			konten.lineTo(x0+d*graf.tileW, y0-y1*graf.tileW);
    		}
    		konten.stroke();
    	}
    	function mouseUp(event){
    		//prosedure mengecek tombol
    		var tombolAktif = cekTombol(event);
    		if (tombolAktif == "Acak"){
    			a = acak(6)-acak(6);
    			b = acak(6)-acak(6);
    			c = acak(6)-acak(6);
    			if (a == 0 && b == 0) a = 2;
    			if (a == 0){op_a = ""} else {op_a = a +" x<sup>2</sup> ";}
    			if (b == 0){
    				op_b = "";
    			}else{
    				if (b < 0) {op_b = b+"x "} else {
    					if (a == 0) {op_b = b+"x "}else {op_b = "+ "+b+"x "}
    				}
    			}
    			if (c == 0){
    				op_c = "";
    			}else{
    				if (c < 0) {op_c = c} else {op_c = "+ "+c;}
    			}
    			label = "Persamaan Kuadrat: <br> y = "+op_a+op_b+op_c;
    			setSimulasi();			
    		}
    	}
    	setSimulasi();
    </script>
    </html>
    

  3. Simpan dengan nama tutorial-3.html
  4. Dobel klik file tutorial-3.html tersebut, untuk membukanya dengan internet browser default di komputer anda, maka akan anda dapatkan koordinat kartesian dengan garis persamaan kuadrat seperti pada gambar di atas

Share ( Ayo Berbagi )

Leave me a comment

untuk pertanyaan lebih baik di email langsung ke wandah [at] wandah [dot] com agar cepat direspon