| Tutorial Flash - HTML5 - Javascript - DKV

Latest Blog



23.10.2020

Virtual Lab Flash

Library untuk pengembangan laboratorium virtual dengan Flash/Animate

06.10.2020

Game Among Us

Membuat gerakan karakter seperti pada game Among Us

05.10.2020

Multimedia Interaktif Tata Surya

Membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif tentang tata surya

04.10.2020

Animasi Rotasi Bumi 3D

Membuat animasi bumi berotasi dengan grafik 3 Dimensi

01.10.2020

Membuat Kuis Essay

Mengecek jawaban kuis essay pada aplikasi pembelajaran interaktif

12.09.2020

Membuat Game Ular Tangga

Membuat game ular tangga dengan Adobe Flash/Animate AS3

10.09.2020

Membuat Pengacak Dadu

Membuat acak dadu untuk game ular tangga/monopoly

13.07.2020

Membuat Game Onet

Membuat game mencari gambar yang sama (onet) dengan JS/HTML5

11.06.2020

Membuat Kuis CBT

Membuat kuis CBT, menyimpan nilai ke server dengan PHP dan XML

11.05.2020

Game RPG dengan HTML Canvas (Javascript)

Pengembangan game RPG dengan teknik tiling menggunakan HTML canvas


ALL BLOG

Latest Games


;
Free Games

Indonesia Soccer League

Play Indonesian Soccer League on Flash 3D Games

Revisi buku Membuat Game Flash 3D itu Mudah


cover buku memrogram game flash 3d itu mudah

Kenapa revisi?

Naskah buku Membuat Game Flash 3D itu Mudah saya tulis selama 2 minggu pada bulan Februari 2013, bersamaan dengan proses pengembangan game 18 Wheelers. Selanjutnya naskah tersebut saya kirimkan ke salah satu penerbit besar di Indonesia, tetapi ditolak dengan alasan "bahasan yang terlalu spesifik, pasar yang sempit, dan pengalaman pemasaran buku bertema Flash yang kurang baik". Saya menerima alasan tersebut, kemudian saya kirim naskah ke Penerbit Andi, dan seperti naskah buku saya sebelumnya - langsung disetujui oleh penerbit Andi.

Sampai bulan September, naskah tersebut belum dicetak dan saya bertanya ke pihak penerbit, kemudian diberikan penjelasan bahwa "pasar buku komputer di Indonesia di monopoli oleh salah satu penerbit besar", sehingga pemasaran buku komputer menurun drastis dan naskah harus menunggu untuk dicetak. Saya terima alasan tersebut, karena memang seperti itulah kondisi pasar buku komputer di Indonesia. Alhamdulillah, pada bulan Desember awal buku tersebut ternyata sudah berada di pasaran.

Berbeda dengan buku pertama yang saya tulis, pada buku ini saya tidak dimintai review sebelum dicetak - dalam artian buku langsung dicetak setelah mengalami proses editing dari penerbit, tanpa menunggu review dari saya. Ada sisi positif dalam hal ini, dimana proses cetak naskah sampai ke pasar menjadi lebih cepat, akan tetapi sisi negatifnya adalah ada beberapa kesalahan ketik (kesalahan dari saya pribadi ketika menuliskan naskah) yang akhirnya tidak terevisi karena sudah terlanjut tercetak. Selain itu terdapat jeda waktu sekitar 6 bulan dari proses buku ditulis sampai terbit, dan terdapat beberapa update dari software Flare3D, sehingga beberapa file harus mengalami sedikit perubahan agar bisa digunakan dengan flare3D versi terbaru.

Atas alasan tersebut perlu saya tampilkan beberapa revisi dari buku Membuat Game Flash 3D itu Mudah ini. Mohon dimaklumi dan terimakasih bagi para pembeli ;)




Revisi

  1. Halaman 44 : penulisan variabel untuk fungsi tidak memerlukan kode var.

    Pada buku :
    		public function setNamaDepan(var val:String):void{
    

    Seharusnya :
    		public function setNamaDepan(val:String):void{
    

  2. Beberapa gambar pada bab Pemodelan 3D mengalami distorsi karena proses cetak yang kurang detail (terlalu hitam). Gambar yang sebenarnya akan segera saya upload di halaman ini, untuk mempermudah pembaca.

  3. Halaman 102 : tentang Mengekspor Model Flare3D versi terbaru (2.5), menghasilkan file berekstensi .ZF3D berbeda dengan Flare3D versi sebelumnya (pada saat naskah ditulis), yang menghasilkan format .F3D.
    Pada dasarnya file .ZF3D adalah versi baru dari .F3D, yang telah mengalami optimalisasi ukuran, format, pengaturan material dan cahaya. Sehingga apabila anda menggunakan Flare3D terbaru, anda akan menggunakan file berekstensi .ZF3D.

    Apabila anda tetap ingin menggunakan format lama, anda dapat memanfaatkan file library yang berada di folder lib pada masing-masing folder project tutorial.

  4. Halaman 105 : tentang Viewer 3D library Flare3D yang dipakai saat naskah ditulis adalah versi Flare3D_2046, sedangkan saat halaman web ini ditulis versi Flare3D_2_5.19f. Beberapa update sudah dikeluarkan oleh Flare3D, meskipun demikian kode yang ada di buku masih relevan dan masih sama. Perubahan versi hanyalah pada optimalisasi library dan penambahan fitur-fitur baru, bukan perubahan kode.

  5. Halaman 109 : karena versi Flare3D terbaru menggunakan file berformat .ZF3D, maka terdapat sedikit perubahan dalam menuliskan nama ekstensi file.

    Pada buku :
    		truk = scene.addChildFromFile("truk.f3d");
    

    Seharusnya :
    		truk = scene.addChildFromFile("truk.zf3d");
    

  6. Apabila saya menemukan revisi tambahan, akan ditampilkan di halaman ini. Bantuan pembaca untuk merevisi buku ini juga sangat saya harakan, agar buku ini bisa menjadi lebih baik lagi.


Share ( Ayo Berbagi )

Leave me a comment

untuk pertanyaan lebih baik di email langsung ke wandah [at] wandah [dot] com agar cepat direspon